..Sayangi Nyawa Kalian..

(di tengah2 rasa tepar dan kram, masih sempet2nya update blog #eh!)

Memasuki week 2 stase bedah di Sleman.. Dan hari ini jadwall poli+UGD.. Selama ini sih tiap jaga UGD, saya terkenal dengan status "pemanggil pasien".. huuufffttt...
Padahal udah doa biar pasien tetep sehat gak ada Kecelakaan lalu lintas (KLL) atau keadaan emergency lainnya..

Nah sore ini, jam 4sore-an, lagi periksa pasien, tiba2 ada seorang teman yang bawa korban KL. Nah, di korban ini pakai jaket, jadi kita gak bisa pastiin apa ada fraktur (patah) dimana2 atau gak.. Dengan kondisi masih somnolen, pasien kita bopong ke tempat tidur.. Eh ternyata, dia patah tulang multipel, ditambah lagi dengan pneumothorax dan hemothorax..

Yah, kondisi yang mortalitasnya sangat-sangat tinggi. Dari awal saya melihat kondisinya (waktu itu udah pre-syok) saya berpikir "dubia et malam".. Dengan akral dingin, tangan dan bahu yang gak bisa digerakan..
hrrr,,kita udah ngebantuin buat nolong dia di tengah-tengah keterbatasan alat medis , di UGD, tapi nyawa korban tidak tertolong..

Padahal penyebabnya sepele, naik motor gak hati2, kemudian nabrak motor di depannya, eh! malah dia yang jadi korban.. Hrrrr, heran deh dengan pengguna motor akhir2 ini, main kebut2an, gak pakai helm... Hampir setiap hari ketemu polisi bawa korban KLL.. ckckckck..

Kalau korbannya kucing siii, mungkin nyawanya masih sisa banyak.. Nah ini manusia yg di bawa di tengah2 keterbatasan alat medis UGD..
Pesannya sii cuma SATU, hati-hati berkendaraan, liat kanan-kiri-depan-belakang..  Selagi Tuhan masih mengizinkan kalian menghirup udara ini, sayangilah nyawa kalian...


*hugs&kisses*

0 comments:


up