FOGAONI BANUA (Wedding Ceremony 3)

lanjutan dari Abang datanggg....♡♥ (Wedding Ceremony 3)


Tanggal 7 Agustus (2 hari sebelum holy matrimony) :)
Pagi-pagi sekitar jam 10an abang udah datang ke rumah..rapi banget..hahaha pake kemeja. Sementara kita di rumah lagi sibuk2nya beres2 bawa "sedikit barang" ke hiliduho. Yap, itu kampung Siska, sekitar 18km dari Gunungsitoli.

Lama beres2, akhirnya jam 11an berangkat. Mama,papa, siska, martha dan caroline tentunya. Baru mau berangkat..eh wandi sma fandy mau ikut.. yaaa sudah yukkk!!! Resiko ditanggung sendiri yakk! soalnya di mobil tempatnya kurang, dan kalo mabuk mobil tanggung jawab sendiri..kwkwkwkw..
dan benarrr!!! Di jalan caroline, wandi, fandy munt*h2 bukan main..huahaha, untung kita udah bawa plastik kalo mau munt*h
Sampai di hiliduho,sebagian sodara papa udah kumpul.. dan kita ketemu nenek! Kali ini ketemu nenek spesiallll banget momentnya, yaaa karena bersama calon suami siska..
Dan senangnya keluarga besar siska sangat welcome sama abang. Bukan apa2 juga, karena abang basa-basinya "te-ow-pe" bangetttttt jadinya keluarga besar siska seneng sama abang,,,hahaha.
Jam 2 siang (kurang lebih jam segitu :p)  masyarakat di desa hiliduho, sama sodara2 deket situ dateng buat acaranya. Oh ya, Siska belum kasih tau arti acara ini. Fogaoni Banua (Memanggil Masyarakat) ini ssalah satu bagian dari acara adat nikah di Nias. Yap, buat ngasih tau kalo salah satu anak dari warga di kampunya akan menikah dalam waktu dekat. Ini salah satu acara yang sangat dihargai di Nias, karena secara tidak langsung, keluarga yang akan mengadakan acara pernikahan menghargai budaya dan masyarakat setempat, sekaligus memanggil masyarakat untuk datang ke pesta pernikahannya nanti.
Kurang lebih 1,5 jam (ahahaha, kirain lama) acara selesai, dan lagi2 Babi..haha. Hewan (dianggap)haram yang satu ini jadi hewan yang punya nilai adat tinggi di Nias. dan lagi-lagi potong hewan berkaki empat itu buat di bagi2in kepada masyarakat sana  :)
Sorenya kita pamitan lagi sama nenek, semua sodara2nya papa kumpul dan (lagi) kita berdua di nasihatin, Si nenek nasihatin kita berdua pake Bahasa Nias (tingkat tinggi kata si abang)
Mbh lah..kalo si abang ngerti atau tidak, yang penting intinya agar ntar bangun rumah tangga yang takut akan Tuhan dan ttp menghormati ortunya,, gitu.. :)
Nah pulang2 dihadiahi kado dari sodara papa dan nenek..
Huwaaa...makasihhh nenek, dan semua papa/mama sa'a, talu,sakhi.... :)

Sejam kemudian nyampe Gunungsitoli, rombongan sepupu rusuh udah ketiduran di mobil, bangun2 mereka kelaperan dan kebelet pipis. Jadinya mereka pissss di selokan pinggir jalan..wkwkwkw..untung si abang gak ikutan.. :p
Abis anterin papa ketemu temennya, kita ke TIP TOP, makannnn!!!!
Nah, disini siska bilang ke abng buat makan Mie Soup, salah satu makanan yang adanya cuma di sumatera utara... semacam soto, tapi kuahnya pake sop! enyakkkk!!!! hahaha..full!! gak ada makanan sisa! :D :D

Dan besok, kayaknya si abang bakalan dateng ke rumah lagi (semoga) hahaha
:D

0 comments:


up