.:: (Interna) Stase Poli Penyakit Dalam ::.

yeah...stase interna di Poli dan UGD udah berhasil saya lalui 1 minggu terakhir.. :)

             Empat hari Jaga Poli di Penyakit Dalam lumayan membuat daftar penyakit dalam otak bertambah... hehehe. Bukan somboongggg lhooo, 4 hari di stase Poli (1 hari jaga stase Gastro, 2 hari di Nephro, dan 1 hari di Umum). Hari pertama saya jaga di stase Gastro... Hmmm,,lumayanlah asiikkk... tapi satu yang gak saya suka di stase itu adalah dokter residennya yang sangat..sangat...(menurut saya) memiliki empati 50% saja. Kenapa? bayangin aja...pasien dengan Askes atau Jamkesmas, Jamkesos hanya di anamnesis dan tidak di periksa... Itupun kalau lupa ambil hasil Lab/Rontgen malah di marahin, dikatain "ngapain datang ke sini kalau gak bawa hasilnya,, pulang aja deh Bu/Pak! Ntar ke sini lagi kalau hasil labnya udah ada..kalo gini saya gak bisa periksa" See it!!! Hellooooowwww,,,, 6 minggu saya diinternya dan hampir 95% dokter mengatakan kalau suatu keluhan pasien, diagnosisnya dapat ditegakkan dengan anamnesis yang baik dan bener, lab dan rontgenn hanya sebagai penunjang! Ingat..PENUNJANG! Dan mirisnya lagi tiba2 ada seorang pasien dianter kedua anaknya dengan pakaian Wah dan tas bermerk (LV lah, katakan) dengan gaya yang cukup modis) dan saya taksir mungkin pasiennya dari kelas VVIP atau lebih malah... Dan si dokter bilang "Selamat pagi Bapak, ada yang bisa saya bantu", "ayo pak, diperiksa..", "oh yaaa, kalau cek labnya belum ada, besok kesini lagi aja yaa" dan kalimat dengan nada yang sangat...sangat...halus! Lihat kan!!! Melayani pasien aja musti pakai perbedaan itu..? 
Yah, saya gak tau siiih, apa dokternya lagi gak mood atau terlalu stress dengan ujiannya..tapi a sudahlah... Saya juga gak ambil urus tentang si dokternya.. Saya di Poli Gastro cuma bisa jelasin ke 'masyarakat tingkat bawah' tentang penyakitnya dan mengedukasi mereka dengan kata2 yang lebih layak tentunya.
Dan thx buat dokternya, karena dia sejak hari itu saya janji bakal ngelayanin pasien apapun keluhannya dengan baik, ramah, dan penjelasan dengan bahasa awam tentunya... :)
Ingat, mulutmu harimaumu.. Kalo mau dii respect yang baik sama masyarakat terlebih dahulu layanilah mereka dengan kasih...

Hari kedua dan ketiga saya di stase nephro.. Nih, disini nih penyakit abad modern bertebaran (hipertensi.red) :)) Disini asiiiikk banget, si dokter dengan sabar jelasin tentang penyakit dan pengobatannya kepada si pasien, belom lagi si dokternya yang mau diajak diskusi masalah kesehatan.. hehehe.. asiikk!!

Hari terakhir jaga di stase Umum, dan lagi-lagi dapat dokter yang mau diajak diskusi.. :)

Semoga nanti ilmu yang saya dapat bisa berguna buat masyarakat.. :)

0 comments:


up