.:: (Interna) Stase UGD ::.

Yah, sekarang giliran cerita tentang pengalaman yang sangat asiiikkk di UGD.
Asikkkk?? Tentu saja!!! Kenapa??
Nah, hari pertama di UGD mungkin buat sebagiano  orang sangat tidak..tidak..enak! Bayangin aja ruangan 15x10 m (katakanlah seperti itu) dengan 15 bed yang antara bednya cuma terpisah gorden doang. Suasananya?? persis seperti pasar.
Hmmm,,tapi saya senang berada di situ. Bukan lantaran saya suka hiruk pikuk, tapi karena saya seneng dengan physic diagnostic dan management pasien dengan triase yang wow! Belum lagi tindakan medik yang saya bisa latih dengan perawat senior yang ada di situ. Ah, baikkkk banget,,mereka bersedia ngajarin saya, koas yang belum bisa apa-apa ini.
Belom lagi liat dokternya yang baikkk banget mempersilahkan kita periksa pasien, disamping nilai gede dari mereka.. hehehe.


Kebetulan, Jumat kemarin jam terlama pulang dari UGD. Bayangin aja jaga UGD dari jam 4 sore sampai jam 12 malam! Ngapain aja??
Sebenernya jam 9 malam kita udah selesai jaga, tapi jam segitu tiba2 ada seorang pasien anak dengan sianosis (biru.red) penuh mekonium yang dirujuk oleh sebuah rumah sakit. Huhhh, berhubung saya agak tidak tegaan dengan anak kecil awalnya saya gak mau mendekati brankas tempat dia tidur. Tapi liat dia yang lucu banget, mata belo dan ahhhh..gak tau deh! Liat bayi lucu ajaaaa.... Akhirnya saya bantu buat ukur suhu dan liatin bayinya.. huhu, lucu bangeeettt.. >.<
Selesai itu tiba2 ada seorang wanita, muda, cantik masuk dengan diagnosis "Histeria Konversi" oleh dokter triasenya. Busett nih dokter, saya aja belum anamnesis, dia baru liat dari jauh dia mengatakan diagnosis tersebut kepada saya! Wow!!!!!! dan jujur, saya baru kali itu liat seseorang dengan histeria konversi.. Hmmm,,, nice case!
Tepat 9.30 pasien sudah ditangan dan tiba-tiba ada suara dari ruangan tindakan "Dek Koas, Bantuin RJP" (Resusitasi Jantung Paru.red)... Nah lho, suasana mencekam..... Ada seorang Bapak sekitar 54 tahunan dibawa ke UGD dianterin anak-istri-dan saudaranya. Memang dia punya riwayat penyakit hipertensi dan gagal jantung, tapi kali ini dia melakukan RJP saya membersihkan diri dan cuci tantan tentunya, saya kembali ke ruangan receptionist dan mulai nyatet tindakan apa saja yang sudah saya ikuti satu harian ini... Dan tiba anak dari bapak yang tidak tertolong lagi dan menyalami dan mengucapkan terimakasih "Dok, trimakasih udah bantuin bapak saya, maaf membuat capek tapi kita keluarga sudah ikhlas koq!!" ... Speechlesss.... kemudian diikuti oleh ibunya dan saudaranya yang lain. Jlebbb deeesssss!!! ada keluarga yang mau berterimakasih ke koas yang nolongin orangtuanya walaupun usaha itu gagal... Oh God, semoga keluarga di beri ketabahan dan pasien tenang di surga... Amin
Dan...malam itu entah mengapa saya merasa sangat-sangat bodoh dengan ilmu yang masih cetek di kepala. Ayo belajar lagi!

0 comments:


up