.:: (Interna) Banjarnegara-Inilah koas ::.

Selasa, 19 Juli 2011

-sehari setelah perkenalan dengan RS.Banjarnegara dan pembagian jadwal-
kebetulan kebagian jadwal untuk jaga IGD (Instalasi Gawat Darurat) dari jam 14.00-21.00 membuat saya tidur lebih lama (eh, bangun ding!) hehe.. Sebenernya jam 7 udah bangun, dan sarapan ke "warung bu Penny" tapi apa daya...setelah baca2 buku interna dan mandi (tentunya) saya ketidurannn!!!! dari jam 10 (kira-kira) ampe jam 1 siang... hahaha.. Jam 1 bangun lagi dan ditemenin "YUN" makan nas uduk-nya Pak Yanto... Enakkk??? BANGETT.. apalagi dkasi kerupuk sepuasnya...

Udah kenyang, jam 2 saya ke IGD, (harusnya dengan Bayu, tapi dia masih makan siang dan istrahat bentar) ya sudahlah..sambil nunggu periksa pasien hiperglikemia dan gastritis..eh, ada juga pasien syncope...
Sejam setelah itu, sambil baca2 Bayu datang... (akhirnya ada temen juga)..eh malah temen2 bagian Bedah juga datang.. :) makin rame dong IGDnya... :))

setengah jam setelah IGD penuh sessak dengan anak2 koas.. :) tiba2 ada pasien KLL (kecelakaan lalu lintas) datang di anterin sama gurunya.. Pasiennya anak sekolah dan jatuh dari motornya.. (mungkin kelaparan kali yaa).. Yah,, saya diem2 aja sambil dengerin anak2 bedah anamnesis dan bersihin lukanya.. :)Kasusnya kan bedah, interna gak kebagian deh... hehehe
10 menitan saya keluar dari ruang tindak..petugas2 UGD lari2an sambil bawain bed..meh,,ada pasien lagi..ternyata KLL lagi.. pasien perempuan dan laki2.... masuk ruang tindak,,dan saya sempet ngebersihin lukanya..sambil lihat retraksi kaki yg sendinya berputar/patah. Yahh,,kasus kali ini agak sedikit complicated... )
setengah jam diruangan itu, kita nenangin pasien dari serangan "kagetnya" saya keluar..eh, di sebelah kanan ada yg sibuk lakuin tindak jahit luka passien yang lain.. Penasaran, saya kesana ditawarin visum dan jahit.. Saya mikir, hmmm..visum??paling pasien luka tusuk ato apa gitu...(mungkin abis berkelahi atau tawuran). Saya mendekat ke bed pasien,, eh, koq perut ke atas ditutupin kain gitu,,pasiennya juga kaku... nah, anak2 bedah ke situ,,dan kainnya di buka...
Prangggg!!! piring pecah!! (wahhh...bukan..-yg ini lebay-) ternyata pasiennya udah meninggal... Reaksi saya??? tiba2 pusing, berputar2,+pucat(bentar lagi syncope kali yaa) ... gk tau harus gimana... dengan langkah teratur saya mundur dari barisan yg sedang visum dan duduk d kursi sambil minum air putih... Oh God!! Saya belum sanggup hadapi jenazah buat di pegang2 gitu... :'( Ya sudahlah...setelah itu keluarga jenazah dateng..dan tau kan..Histerissssss....gk terima anggota keluarganya meninggal... Yah, katanya siiii (katanya..) dokter itu gk peru terlalu ikut hanyut dalam suasana hati pasien,tapi kalo liat pasien yg histeris gitu rasanya gak tega liatnya.. huhuhu..kasian.. :( perlu pegalaman dan jam terbang banyak untuk hal yangsatu ini...

Nah, gk lama kemudian, kita di tawarin buat masang kateter sm pasien wanita... dan bodohnya lagi..gak tau yg mana bagian yg harus dimasukkan selang..!! bodoh!! hahahaha... yah,,forget it!!

dari situ, follow up lagi... dan mulai laperrrrrrr..... ya sudah,, saya sama Uchy mampir ke angkringan depan Rumah sakit.. namanya "Angkringan miss Mendoan".. menunya..nasi kucing+ikan teri+2 tempe mendoan+jahe susu.. harganya??? 4500... murah?:?? bangeeetttt...
Jahe susu+mendoan
oh yaaa,,, saya cuma sempet fotoin jahe susunya... beginilah kira2.. hangaaatttt...mantap dah! hehehe

abis itu tutorial dulu di apoteknya dokter pengampu interna disini.kira-kira 2 jam. sebenernya abis itu ada tentiran lg dengan residen, tapi semuanya pada ngantuk, kecapean..yah,mungkin krn hr pertama koas,..

kita balik ko, mandi,,dan (lagi-lagi) insomnia kambuh,,untung temen2 cwok belum pada tidur... dan siska diajakin ke Ronde pak Yanto (yg kmrn sempet saya certain)... karena dari kemarin masih penasaran dengan ronde duren, saya pesen satu!!!
duren utuh... (malah ini belah durenn!! :D)

Ronde Duren (Rp. 10.000)
Lumayan buat perut saya.. kira2 ada 4 biji duren dengn daging yang teballl..+ alpukat..+jahe... Makjangggg....enakkkk bangettt!! surga dunia tuh duren! wkwkwk...lain kali musti ajakin si abang ah nyobain rondenya.. :)dan lagi-lagi..kita di kasih bonus "Jahe Murni"..pinter banget tuh Pak Yantonya gaet pelanggan.. ;)


Rabu, 20 Juli 2011
Jam 4.15 (kalo gak salah) alarm bunyiiii,,dan tau kan yg saya lakukan?? Yap!!! matiin alarm nya... huahahaha...padahal hari ini giliran follow up pasien yang seharusnya jam setengah 5... dan saya jam segitu masih asik tidur2 an... untung aja 5.20 bisa bangun, mandi dan segera follow up.. Sampai RS juga ternyata pasien udah di fllow up sama perawatnya.. meh! Ya sudah, akhirnya nanya perawat apa ada tindakan (infus) yg bisa diikuti.. kebetulan ada!!! wow.... pengen nyobainnn nginfusss (semangat bangett).. nyblos pertama..pembuluh darah pecah.. yg kedua..pecah juga! Waduuhhh,,deg2an..akhirnya abocathnya di ambil sama perawatnya...dan you know! dia lebih parah dari saya!!! 6x tusukan ke kulit pasien, tidak ada satupun yg berhasil... akhirnya perawat senior datang, dan di tusukan ke 10 akhirnyaaaaaa..bisa juga.. huhuhu,,kasian liat pasiennya yang udah kesakitan gitu..semoga dia gak trauma yaa.. :))
Lanjut lagi follow up dengan dr.residen, kita diajarin cara melaporkan kasus dengan benar....dan dapat kasus bagus..syok septik! pasien wanita..92 tahun..septic shock pagi ini... pas kita periksa kondisi pasien udah mulai stabil, meskipun udah ada penrunan kesadaran..
Siangnya, kita ikut follow up dr.dari sardjito/konsulen gastro.dan akhirnya...kecapeannn!!!! jadwal yang harusnya jaga UGD terpaksa saya minta ntuk digantiin sama temen.. gak kuat lagiii... :(

Nah, pulang di kos sendal malah gak tau kemana.. (semoga gak hilang) :D saya sama Uchy niatnya nyari lotek atau sayur2 gitu,,,biar BAB lancar... hahaha...disini sayurnya jaraannnggg bgt..(langka malah!) hahaha
Kupat tahun TIrtosari
jreng..jreng...di tengah jalan ada suara2 berisik, truk rame bgt...ada suara dangdutan dan teriakan...ternyata.. KAMPANYE,,,, yaikkssss...kita terjebak di kerumunan orang yg lagi kampanye...hahaha..kita sepertinya salah langkah kesini.. yah,mau gimana lagi..akhirnya, kita milih satu warung makan "KUPAT TAHU TIRTOSARI" harganya 6000,,rasanya pedesss... huaaa..thx God, nemu makanan pedes juga disini..
ampe sekarang,,saya masih kenyang gara2 porsi kuli kupat tahu itu..sampai2 kita mundurin jadwal follow up, yg harusnya jam 2,,jadi jam 6 sore... wkwkwkw..ngantukk!!! tapi saya, gak! buktinya sempet update blog dulu... hahaha

Ya sudahlah,,saatnya siap2 follow up bangsal lagi..semangatttt!!!


*kangen si terong, btw.. *


*hugs&kisses*

0 comments:


up